Tanya Jawab

APAKAH GCL MENYEDIAKAN JASA SERVICE SAJA?

Tak hanya jasa service laptop, kami pun menyediakan part-part pengganti walau tak selengkap toko sparepart dan juga kami men-Jual Laptop Second.


APAKAH GCL MELAYANI ANTAR-JEMPUT LAPTOP?

Untuk saat ini kami melayani antar-jemput wilayah dekat saja yang masih dapat di jangkau kami dan persetujuan kami, dikarenakan beberapa keterbatasan kami. Kami memberikan biaya antar-jemput sebesar 50rb.


APAKAH GCL MELAYANI SERVICE DI TEMPAT?

Tergantung problem yang di hadapi, jika problem laptop kami rasa dapat di tangani segera, maka kami dapat kerjakan di tempat.


JAM BERAPA BUKA DAN TUTUPNYA? JIKA HARI LIBUR ATAU HARI AHAD, MASIH BISA MELAYANI?

Buka mulai Senin sampai Ahad, kecuali hari besar serta keperluan pribadi atau sakit. Mulai Pukul 10.00 ~ 21.00 WIB, Diluar hari kerja, atau pada hari libur, kami bisa melayani anda dengan Syarat & Ketentuan yang disetujui oleh kami.


BERAPA LAMA WAKTU YANG DIPERLUKAN UNTUK PENGERJAAN SERVICE?

Observasi memakan waktu 1 - 5 hari kerja kurang lebih (Estimasi tergantung banyaknya orderan, lama pengetesan, tingkat kerumitan, bongkar pasang, ketersediaan part pengganti, dll), kami segera menghubungi kamu saat problem telah di temukan dan memberikan solusi terbaik yang kami punya untuk masalah laptop kamu.


BAGAIMANA PROSEDUR STANDARD CHECKUP LAPTOP?

First Come First Serve (FCFS), siapa yang datang duluan, wajib di dahulukan, pengecualian untuk kasus-kasus tertentu. Penanganan kasus, kerusakan yang lebih ringan baru ke kasus yang lebih berat (sulit).


Kami tidak mengutamakan pengerjaan untuk laptop yang gagal service sebelumnya atau bekas diservis di tempat lain.


Pemeriksaan Standard, Pemeriksaan instan dan cepat disaksikan oleh user dengan menggunakan prosedur test standard yang mudah, diagnosa secara visual dan prediksi standard, pemeriksaan ini tidak dikenakan biaya.


Diagnosa dan Observasi, Pemeriksaan ini membutuhkan waktu 1-5 hari, ada proses bongkar pasang, dokumentasi catatan atau gambar, dan penyelidikan detail berdasarkan pengalaman kami, biaya diagnosa dikenakan biaya pengecekan sebesar 50.000 ~ 100.000 tergantung tipe laptop & tingkat kesulitan, biaya ini tidak kami bebankan lagi jika anda sudah menyetujui estimasi biaya perbaikan yang sudah kami infokan melalui nomor kontak kami.


Untuk beberapa kasus, kami bisa langsung memberitahu estimasi biaya, walaupun itu bukan jaminan untuk keberhasilan perbaikan.


Jika sudah ada persetujuan biaya dan instruksi kerja dari Anda dan ternyata dalam pelaksanaan pekerjaan terjadi ketidaksanggupan oleh kami, maka Anda dibebaskan dari seluruh biaya (GRATIS) dan laptop kami kembalikan sebagaimana laptop tersebut kami terima sebelumnya utuh, rapih, beralasan, tanpa ada kecurangan apapun.


Jika kami telah menyampaikan kesanggupan kami memperbaiki dan sudah menyampaikan biaya perbaikan via Chat atau Telepon, namun Anda membatalkan pengerjaan untuk dilakukan, maka Anda hanya dibebankan biaya diagnosa dan observasi sebesar 50.000 ~ 100.000 sebagaimana telah di sebutkan sebelumnya.


Selesai atau tidaknya perbaikan laptop Anda selalu kami beritahu melalui Chat atau Telpon, maximal 1 bulan adalah lama pengerjaan laptop Anda.


MENGAPA ADA BIAYA PENGECEKAN?

Kami menerapkan biaya pengecekan untuk mengganti waktu, tenaga, layanan, administrasi, alat test, sumber daya lainnya, seperti. listrik, tempat, perkakas dll.


APAKAH ADA GARANSI SETELAH PERBAIKAN?

Umumnya kami beri garansi 3 hari, berlaku untuk kerusakan yang sama yaitu pekerjaan perbaikan yang dikerjakan sebelumnya dengan gejala kerusakan yang sama, diluar dari penggunaan yang tidak normal.


Garansi berlaku jika segel garansi kami tidak sobek/rusak, dan bukan merupakan human error (kerusakan akibat kesalahan pemakaian dari pemakai seperti tertumpah cairan, terjatuh, force majeur bencana alam).


Penerapan klaim garansi pada kasus mati total (matot) tidak berlaku pada kasus intermitten (no display, blank, hang, no boot), demikian pula kasus kerusakan pada komponen terpisah (misalkan perbaikan mainboard, berbeda dengan perbaikan pada Casing atau layar display).


Tidak melewati jangka waktu garansi yang telah ditentukan, sesuai perjanjian sebelumnya dan tertera di resi tanda terima perbaikan (bon), berdasarkan jenis pekerjaan.


APAKAH AGAN MENERIMA PERBAIKAN LAPTOP DARI PIHAK RESELLER, PIHAK KETIGA ATAU TOKO LAIN?

Bisa, dan menerima selama mengikuti aturan main kami sebagai penyedia jasa perbaikan


ADAKAH KONDISI / RESIKO YANG MENJADI LEBIH BURUK SETELAH DI BONGKAR / DI SERVICE?

Ada, dan bisa terjadi, kami berusaha menangani sesuai prosedur standar teknisi laptop/notebook professional dan bertanggung jawab, Kami harap Anda mengerti dan memahami hal-hal seperti ini, pengerjaan barang-barang elektronik sangat rumit, butuh waktu, dan punya resiko.


Contoh perubahan kondisi pada Isu #1 : Laptop Overheat karena di dalam laptop sangat Kotor, maka harus di lakukan full cleaning dan mengganti thermal pendingin. Laptop terlihat nampak tak bermasalah secara fisik di luar, namun ketika telah di lakukan pembongkaran, ternyata di dapati bahwa dudukan baut engsel telah pecah, dan kondisi pecah ini tidak akan tampak dari luar, sampai dilakukan pembongkaran. Dalam kasus ini akan di kenakan biaya tambahan untuk memperbaiki dudukan baut engsel yang juga bermasalah, diluar biaya jasa full cleanup.


Contoh perubahan kondisi pada Isu #2 : Kondisi laptop normal tetapi sering mati mendadak, dapat menjadi blank atau mati total setelah kami cek di tempat kami selang beberapa jam, boleh jadi penyebabnya seperti;

  • Sudah sering diperbaiki sebelumnya, kesalahan diagnosa dapat memperparah kerusakan dan melemahkan komponen lain yang belum tentu rusak,
  • Kondisi kotor dan lengket karena cairan pada perbaikan sebelumnya,
  • Menggunakan alat yang tidak cocok,
  • Chipset yang memang belum pernah di perbaiki namun sudah lemah karena pemakaian yang tinggi atau masa pakai, setiap komponen elektronik memiliki durability.
  • Faktor kelembaban dan korosi pada permukaan PCB board, sarang semut dst.

Jika terjadi kondisi lebih buruk, bukanlah keinginan kami sebenar-benarnya, untuk kasus-kasus seperti ini, diharapkan Anda mengerti dan memahami resiko-resiko yang bisa terjadi, dan kami dapat dimintai tanggung jawab sebatas mengratiskan biaya-biaya yang ada dan menjelaskan kurang lebih kronologis prosedur service sesuai dengan standard operasional,  diharapkan Anda mengerti kondisi barang yang telah di service tidak normal dan sindrom gejala bisa berubah, misalkan dari abnormal menjadi no display (blank) atau Mati Total (Matot).


Itu adalah diantara dari berbagai kasus lainnya yang pernah kami temukan.


APA PERTANGGUNGAN JAWABAN JIKA TERJADI KERUSAKAN LAINNYA PADA SAAT PENGERJAAN?

Kami akan sepenuhnya berusaha memperbaiki dan mengembalikan seperti sediakala, selama kerusakan tersebut adalah kesalahan dari pihak kami dalam melakukan perbaikan, bukan dari laptop yang sudah bermasalah sebelumnya atau telah service di tempat lain sebelumnya.


MENGAPA TIDAK MEMPRIORITAS PENGERJAAN UNTUK LAPTOP DENGAN KATEGORI GAGAL SERVICE SEBELUMNYA?

Umumnya laptop gagal service adalah laptop dengan kerusakan yang parah yang tidak dapat diperbaiki sebelumnya oleh teknisi selain kami, dalam hal ini kami anggap teknisi yang sebelumnya mempunyai skill yang sama baiknya dengan kami, demikianpun dengan alat dan pengalamannya. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan adalah;

  • Kerusakan yang memang sangat parah
  • Kesalahan diagnosa dan observasi menyebabkan kerusakan malah bertambah atau menjadi lebih sulit.
  • Sparepart yang sulit diperoleh sehingga penyedia jasa sebelumnya menyerah.
  • Malpraktek dengan kesengajaan oleh oknum teknisi, termasuk pencurian komponen, atau menjadi bahan percobaan/belajar.

Kategori laptop gagal service adalah laptop yang mengalami kerusakan, yang sebelumnya sudah berusaha di lakukan perbaikan oleh teknisi lain, dan tidak mengalami perubahan.


LAPTOP SAYA SUDAH PERNAH DI PERBAIKI TEMPAT SERVICE LAIN, UDAH COBA BANYAK TEMPAT SERVICE TAPI TIDAK ADA YANG SANGGUP, SEBERAPA BESAR KEMUNGKINAN JIKA DI SERVICE DISINI BERHASIL?

Berdasarkan pengalaman kami memperbaiki selama ini, jikalau sudah pernah di perbaiki tempat service lain, probability berkisar 30-90% bergantung hasil pengecekan kondisi terakhir kami terima, karena;

  • Bisa jadi kerusakannya memang sangat parah dan susah untuk ditelusuri, ketersediaan part suku cadang dan kerusakan jalur pada PCB juga bisa menjadi kendala,
  • Tergantung bagaimana prosedur penanganan kerusakan di tempat sebelumnya, berdasarkan pengalaman kami, kadang laptop datang dengan kondisi komponen-komponen yang seharusnya tidak berhubungan dengan kerusakan justru di eksekusi, kadang juga kami menemukan kondisi dimana beberapa komponen laptop sudah tidak ada oleh teknisi sebelumnya, tanpa pemberitahuan kepada Anda, dan lain-lain.
  • Keterampilan, pengetahuan dan pengalaman teknisi juga menjadi salah satu faktor terpenting dalam mendiagnosa dan mengambil keputusan jalan perbaikan, maka kondisi kerusakan bisa menjadi lebih parah.
  • Biaya perbaikan akan jadi lebih tinggi karena salah langkah dalam service/perbaikan sebelumnya, jika di lakukan oleh oknum teknisi yang tidak bertanggung jawab.

JIKA ADA PART KOMPONEN YANG TIDAK ADA DI LAPTOP SAYA SETELAH DARI TEMPAT SERVICE INI, APAKAH SAYA BISA MEMINTA PERTANGGUNGJAWABAN?

Bisa, silahkan menghubungi nomor kontak kami dan sertakan buktinya.